Kenapa Rambut Beruban

MUNCULNYA uban disebabkan oleh banyak hal. Yang paling utama adalah karena faktor genetik atau keturunan. Uban terjadi karena pigmen rambutnya sudah tidak ada lagi.

Ada 2 macam pigmen rambut, yaitu :

1. Pigmen Eomelanin
Pigmen eomelanin biasanya terdapat pada orang-orang berkulit berwarna, seperti Asia, Arab, India dan sebagainya. Pigmennya berwarna gelap, hitam. Jadi, rambut dan kulitnya pun berwarna gelap.

2. Pigmen Feomelanin
Pigmen ini terdapat pada orang-orang kulit putih. Pigmennya berwarna kuning. Tapi, bukan berarti mereka tidak punya pigmen eomelanin. Mereka tetap punya, tapi prosentasinya sedikit. Orang Asia juga punya pigmen feomelanin, meski tidak banyak. Karena tidak semua orang Asia berkulit dan berambut hitam.

Di kepala, banyak sekali akar rambut. Tapi ada sebagian yang memang tidak bisa memperoduksi pigmen. Misalnya pada kasus albinism (albio) dan vitiligo. Albino adalah orang yang tidak mempunyai pigmen dan seluruh kulit dan rambutnya putih, sementara vitiligo hanya sebagian yang putih. Ini faktor genetik dan tidak bisa disembuhkan.

Jika kadar pigmennya kurang, rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih, beruban. Biasanya, uban muncul pada orang tua, karena produksi melaninnya memang sudah mulai berkurang. Metabolisme untuk memproduksi pigmen sudah mulai lambat atau bahkan tidak ada lagi.

Proses dimulai ketika kadar enzim yang disebut katalase meninggi. Akibatnya hidrogen peroksida, senyawa kimia lain yang ada di rambut secara alami juga tiarap dan pelan-pelan melenyap. Mulailah rambut menjadi abu-abu.

Ada orang yang sudah tua tapi belum beruban atau hanya muncul sedikit, tapi ada pula yang masih muda tapi rambutnya sudah ubanan semua. Ini juga karena faktor genetik. Jika belum banyak uban meski sudah tua, berarti metabolisme pembentukan pigmennya memang bisa bertahan lama.

Hal – hal yang memicu terjadinya uban, antara lain :

* Faktor Genetik
* Penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah yang sering menyebabkan rambut beruban
* Adanya kelainan metabolisme, misalnya gangguan tiroid atau kurang gizi. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembetuk pigmen berkurang,
* Pemakaian zat kimia, misalnya cat rambut
* Pemakaian jenis shampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi

Secara medis, uban juga tidak bisa diobati. Jika penyebabnya faktor genetik, yang bisa dilakukan hanyalah mencat rambut. Sebaiknya jangan mencabut uban, karena justru akan mengurangi jumlah helai rambut.

Untuk Perlambat Keluarnya uban di usia muda adalah :

* Hindari stress
* Makanlah makanan yang gizinya seimbang
* Konsumsilah obat herbal seperti Cryptomonadales yang mampu menghidupkan kembali sel-sel tubuh kita yang mati
* Olah Raga yang cukup Setiap hari

Satu Balasan ke Kenapa Rambut Beruban

  1. yahudin mengatakan:

    Yaaah…..namanya kalau sudah umur pastilah ubanan. Orang yg sudah ubanan itu pertanda orang tsb sudah menginjak umur mulai tuwek…..nah mulailah sadar bahwa hidup itu nyata mengalami perubahan. jadi yg tetap itu adalah perubahan. Maka dari itu uban itu gak usah dirisaukan, tapi harus dirawat agar tetap kelihatan awet muda, walaupun pikiran yg tuwe….dan tuwe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: