Cara Menghilangkan Uban

Sebaiknya uban jangan dicabut, karena akan merusak pori-pori sekitarnya dan mengganggu saraf akar rambut, ” ucap Juliana Tjandara. Selanjutnya pakar akupuntur kecantikan ini menyarankan sebaiknya uban digunting sampai ke akar rambut. Agar peredaran kulit kepala lancar, pori-pori dimasase dengan menggunakan ujung jari.

Cara mudah yang sering dilakukan orang untuk mengatasi uban adalah dengan pengecatan. Kini berbagai cat rambut ditawarkan di pasaran, mulai yang hitam sampai merah muda. Penawaran ini membuat orang tergoda untuk mencobanya. Namun tentu saja harus berhati-hati memilihnya, coba tengok pengalaman Ny. Linda (bukan nama sebenarnya). Usianya 41 tahun, rambut hitamnya mulai dihiasi oleh ubat, “Satu… dua.. tiga. Hah, sudah 12 sekarang”, gumamnya gundah saat bersisir di depan cermin.

Tanpa pikir panjang, ia mengecat rambutnya. Sekejap rambutnya menjadi hitam seperti sedia kala. Malamnya, Linda gelisah tak bisa tidur, kepalanya pusing bukan kepalang. Ia mengalami hipertensi sampai 180/120 dan tekanan darahnya tak jua kembali normal meskipun obat dari dokter sudah habis. Kebetulan sang suami punya teman akupuntur. Setelah mengetahui kasus cat rambut itu, Linda diminta menghentikan pemakaian cat rambut. Untuk menghilangkan sakitnya, Linda diakupuntur sampai menunggu reaksi cat hilang. Benar saja, begitu reaksi cat rambut hilang, tekanan darahnya turun. Tapi bila ia memakai cat rambut kembali, tekanan darahnya akan kembali naik.

Stres, Pemicu Uban
Untuk kepentingan sesaat, warna putih uban bisa diatasi dengan cat rambut. Namun sebenarnya pemakaian cat rambut justru dapat mengubah warna alami rambut dan memicu tumbuhnya uban. Akibat lainnya, cairan ini dapat mengubah jaringan kulit. Cat rambut akan menghilangkan sel-sel pigmen dan mengakibatkan perubahan warna.

Tak jarang wanita usia 35 tahun sudah mulai beruban. Penyebab tumbuhnya uban pada usia tersebut adalah gaya hidup yang tidak sehat. Stres, banyak pikiran, dan sering menggunakan komputer tanpa dibarengi olah raga teratur. Olah raga bisa memperlancar peredaran darah di kulit kepala sehingga pertumbuhan rambu bisa lebih sehat, dan hadirnya uban yang terlalu dini bisa dicegah.

Banyak cara dilakukan untuk mencegah timbulnya uban. Selain dengan konsumsi makan bergizi (protein dan sayuran serta olah raga teratur), cara lain yang banyak dilirik orang adalah akupuntur. Sebenarnya konsep menghilangkan uban dengan akupuntur sudah dikenal lama, namun baru dipraktekan pada tahun 1996 oleh Juliana Tjandra. “Menurut pengobatan akupuntur, rambut berhubungan dengan organ paru-paru dan ginjal. Jadi kalau rambut ada kelainan seperti rontok atau beruban, berarti ginjalnya lemah,” ucap pengurus akupuntur internasional ini. Karenanya ginjal harus dikuatkan dengan mengambil titik akupuntur di pinggang, kaki dan telinga.

Untuk rambut beruban, selain ginjal yang dikuatkan, titik-titik akupuntur di sekitar kepala (rambut yang beruban) juga menjadi tujuan akupuntur. Jarum yang ditujukan di daerah lokal ini untuk merangsang pembentukan pigmen. Tempat lain yang perlu dituju adalah bagian yang menyebabkan timbulnya uban itu sendiri. “Jadi penyebab timbulnya uban juga mesti disembuhkan.

Sumber: id.answers.yahoo.com

Satu Balasan ke Cara Menghilangkan Uban

  1. jasadh mengatakan:

    kalo memotong uban sampe akarnya, bukannya kalo tumbuh dia akan tetep putih gan?

    jawab: Yup. kalo cuman dipotong/dicukur ya sama saja. Kalo tumbuh rambutnya tetap beruban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: